Memasuki trimester akhir sampai mendekati hari-H adalah saat yang paling dinanti-nanti oleh semua calon ibu. Perasaan pun jadi campur aduk antara bahagia dan juga cemas. Senang karena sebentar lagi Anda akan bertemu dengan si buah hati, namun juga khawatir tidak maksimal saat mempersiapkan segala sesuatunya.

Nah, agar lebih tenang, sebaiknya buatlah daftar persiapan melahirkan sejak jauh-jauh hari. Terlebih kalau ini merupakan kelahiran anak pertama Anda yang tentunya membutuhkan persiapan ekstra. Jadi, segera ambil buku dan catat hal-hal penting ini, ya!

Berbagai perlengkapan bayi yang harus disiapkan menjelang kelahirannya

Persiapan melahirkan tidak hanya soal memasukkan perlengkapan bayi ke dalam tas sebelum pergi ke rumah sakit, lho! Anda langkah-langkah yang harus Anda tempuh agar lebih siap untuk bertemu dengan si buah hati.

Berbagai hal yang harus Anda persiapkan menjelang kelahiran si kecil adalah sebagai berikut:

1. Tentukan rumah sakit dan dokter

Menentukan rumah sakit dan dokter adalah dua hal penting yang wajib ada dalam daftar persiapan melahirkan Anda. Pasalnya, dua hal inilah yang akan memengaruhi seberapa nyaman proses persalinan yang Anda hadapi nanti.

Pilihlah dokter kandungan yang mendukung kebutuhan dan keinginan Anda. Setelah itu, segera cocokkan hari perkiraan lahir (HPL) bayi Anda dengan jadwal praktik dokter tersebut agar tidak bertabrakan.

Pemilihan dokter ini juga akan memengaruhi pilihan rumah sakit Anda. Sebab, Anda tentu harus mengikuti jadwal praktik dokter di rumah sakit lain. Maka itu, segera cari tahu apakah peraturan dan suasana rumah sakit tersebut cocok dengan keinginan Anda.

Jangan lupa pertimbangkan jarak antara rumah Anda ke rumah sakit tersebut dan pilihlah rute yang paling dekat. Jadi, saat kontraksi mulai intens, Anda bisa segera sampai ke rumah sakit dalam waktu singkat.

2. Persiapkan mental dan fisik

Sebagian ibu hamil cenderung merasa takut menghadapi proses persalinan yang katanya menyakitkan. Itulah mengapa Anda perlu mempersiapkan fisik dan mental dengan sebaik mungkin sebelum waktu bersalin tiba.

Untuk mengatasi ketakutan tersebut, Anda bisa mengikuti kelas ibu hamil. Disini Anda akan mempelajari berbagai tahapan persalinan, teknik pernapasan, cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan, dan sebagainya.

Bahkan, Anda mungkin akan diperlihatkan video berbagai metode melahirkan seperti persalinan normal, caesar, persalinan di air (water birth), persalinan dengan epidural, dan sebagainya. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda saat memilih proses persalinan apa yang Anda inginkan.

Selain itu, jaga kesehatan fisik Anda dengan makan makanan yang bergizi seimbang, perbanyak minum air putih, dan menghindari stres. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih tenang dan lebih siap saat menyambut si buah hati.

3. Minta dukungan suami dan keluarga

Jangan salah, dukungan suami termasuk salah satu persiapan melahirkan yang paling penting, lho. Pasalnya, peran suami siaga sangat diperlukan untuk mendukung istrinya secara emosional dan memberikan kenyamanan saat bersalin. Disini Anda juga dapat saling berdiskusi tentang pembagian tugas menjaga bayi dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Bantuan dan dukungan keluarga sangat penting pada minggu-minggu pertama pasca melahirkan. Bagaimanapun juga, tubuh Anda masih membutuhkan banyak istirahat selepas melahirkan sehingga membutuhkan bantuan orang lain. Jangan lupa untuk selalu meminta doa restu keluarga agar persalinan Anda berjalan dengan lancar.

4. Siapkan kebutuhan bayi

Persiapan melahirkan yang paling utama tentu soal perlengkapan bayi. Ya, Anda tentu tahu bahwa perlengkapan bayi itu sangat banyak, sehingga Anda harus memastikan tidak ada satupun yang terlewat.

Perlengkapan bayi terdiri dari bermacam-macam jenis, di antaranya pakaian bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, dan perlengkapan menyusui.

Beberapa jenis pakaian bayi yang perlu Anda siapkan adalah popok kain, baju dan celana bayi, sarung tangan dan kaus kaki, juga topi. Jangan lupa sediakan perlak (alas), kain bedong, kelambu, dan tempat tidur bayi agar si kecil nyaman.

Setelah melahirkan, Anda tentu akan memasuki masa-masa menyusui yang cukup menantang. Agar prosesnya semakin lancar, siapkan segala perlengkapan menyusui seperti pompa ASI, botol bayi, termos, kain penutup menyusui (nursing apron), kain gendong, dan sebagainya.

Karena waktu bersalin bisa datang kapan saja, segera masukkan perlengkapan bayi secukupnya ke dalam tas saat usia kehamilan 36 minggu. Jadi, begitu kontraksi mulai intens, Anda bisa langsung membawa tas ke dalam mobil dan segera pergi ke rumah sakit tanpa harus repot menyiapkannya lagi.

5. Siapkan stroller

Kereta dorong bayi atau stroller menjadi salah satu barang yang wajib dibawa saat Anda bepergian dengan si kecil. Setelah kerepotan menggendong bayi selama bepergian, Anda bisa meletakkan si kecil di stroller agar ia merasa lebih nyaman saat tidur.

Saking banyaknya stroller yang dijual di pasaran, Anda mungkin bingung harus memilih strollermana yang bagus dan nyaman untuk si kecil. Ingat, yang terpenting adalah utamakan kenyamanan bayi Anda.

Untuk bayi yang baru lahir, pilih stroller yang dudukannya rata sehingga si kecil bisa dibaringkan di dalamnya. Pastikan stroller tersebut memiliki bantalan empuk agar si kecil merasa nyaman dan tidak mudah rewel selama bepergian.

Yang tak kalah penting dan sering kali terabaikan adalah pemilihan roda stroller. Ya, baik atau tidaknya kondisi roda stroller dapat memengaruhi kenyamanan si kecil. Maka itu, pilihlah strollerdengan roda yang mulus, besar, mudah dibelokkan, diputar, dan direm. Hal ini akan membuat bayi tetap merasa nyaman dan tidak terguncang-guncang saat melewati jalanan yang tidak rata.

Dan yang terpenting, pastikan stroller yang Anda pilih tahan lama. Selain lebih efisien, stroller yang kuat cenderung lebih nyaman untuk bayi. Lantas, bagaimana cara mengetahui stroller ini tahan lama atau tidak?

Cara mudahnya, cek bahan keseluruhan stroller terutama di bagian kaki dan roda stroller. Selalu pilih stroller yang rangkanya kokoh dan tidak mudah rusak agar bisa digunakan terus oleh anak-anak Anda yang lainnya.

sumber : https://hellosehat.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here