Microsoft adalah perusahaan bidang komputer asal Amerika Serikat yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen. Sejak didirikan (4 April 1975) Microsoft menjadi perusahaan yang memiliki nilai penting dalam perubahan jaman. Bill Gates sendiri menjadi orang terkaya sedunia berkat perusahaan miliknya ini. Salah satu produk Microsoft yang digunakan hampir di setiap komputer yang ada di dunia adalah Windows. Penjualan lisensi Windows-lah yang membuat kaya Bill Gates dan kawan-kawan. Namun bagaimana jika Sistem Operasi Windows ini menjadi Open Source? Sebenarnya kabar ini tidak begitu mengejutkan lantaran banyak berita atau isu-isu tentang Windows, seperti bagaimana Windows 7 sekarang bisa diunduh secara legal, atau mungkin kabar tentang Upgrade Windows 10 yang boleh diunduh secara gratis walau bajakan atau ilegal.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, mungkin ada yang belum paham apa yang dimaksud dengan Open Source? Open Source secara singkat dapat dijelaskan sebagai software yang bebas dikembangkan oeh siapapun. Contohnya? Linux. Ya, Linux adalah salah satu contoh sistem operasi berbasis open source. Siapa saja boleh mengembangkan Linux.
Jika Windows yang dulunya closed source ini menjadi open source, maka siapapun bebas mengembangkan Windows tanpa takut ada yang mempidanakan atau menghukum. Tidak hanya itu saja, Windows akan gratis digunakan oleh siapapun. Tidak ada yang mengharuskan untuk membayar, tidak ada lagi lisensi.
Satya Nadella, CEO Microsoft – Image Source: FossBytes http://bit.ly/1atyk0n
Di situs Wired tertulis bahwa, Mark Russinovich, Microsof Engineer (Insinyur Microsoft) pada ChefConf (konferensi open source) menanyakan pada penonton atau audien, siapa yang menggunakan Windows 10 pada sistem mereka. Anehnya, dari sekian banyak audien (mungkin ratusan – sumber: fossbytes.com) hanya ada satu yang mengangkat tangannya. Selebihnya lebih memilih Linux sebagai sistem operasi. Sungguh hal ini tidak terduga oleh Mark Russinovich, dan dia berkata “Itulah realitas kehidupan kita”.
Satya NadellaSelama bertahun-tahun Microsoft telah menghasilkan miliaran dolar dengan tetap menjaga closed source. Kini jabatan CEO Microsoft di pegang oleh Satya Nadella, Microsoft yang baru sedang berjalan. Microsoft berkomitmen menyediakan layanan upgrade gratis selama satu tahun untuk Windows 7, 8, dan 8.1
CEO Microsoft itu menambahkan soal Windows open source:


“Every conversation you can imagine about what should we do with our software—open versus not-open versus services—has happened.”

Benarkah Windows akan menjadi open source? Jawaban:

Hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini, closed source masih menjadi sumber pendapatan utama bagi Microsoft. Semua tentang Windows open source hanyalah hipotesis.

Sumber: Adarsh Verma on fossbytes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here