karena hal tersebut jadi modal awal membentuk anak agar lebih baik di masa depan Bagaimana Ciri-ciri Sekolah Yang Tepat Untuk Buah Hati?
Penting mengetahui ciri-ciri sekolah yang tepat untuk buah hati, karena hal tersebut jadi modal awal membentuk anak agar lebih baik di masa depan.

Apakah anak Anda sudah mulai ingin sekolah? Sudahkah Anda menemukan sekolah yang tepat? Atau masih bingung harus memilih sekolah seperti apa? Kali ini kami akan berikan sedikit informasi terkait ciri-ciri sekolah yang tepat untuk buah hati.

Tips ini diambil dari pernyataan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang memberikan rekomendasi, perihal pentingnya orang tua memilih sekolah yang tepat untuk buah hatinya. Sekedar informasi, ada juga lembaga pendidikan yang ternyata bermasalah. Dampaknya pembentukan karakter anak pun terganggu. Berikut ini ciri-ciri sekolah yang tepat untuk buah hati tercinta.

1. Memiliki Tenaga Pengajar Beprestasi

Sekolah yang baik tentunya memiliki tenaga pengajar yang andal. Bisa dari kalangan PNS, maupun tenaga honorer yang telah berpengalaman. Di bawah bimbingan guru yang berkualitas, maka anak akan lebih cepat berkembang.

2. Menerapkan kurikulum nasional

Kemudian perhatikan juga kurikulum pembelajarannya, pastikan Anda mengetahui bahwa sekolah tersebut sudah menerapkan kurikulum nasional yang resmi dari pemerintah. Apalagi mengombinasikan kurikulum nasional dan internasional, dapat dipastikan sekolah tersebut sangat berkualitas dan tepat untuk buah hati Anda.

3. Buku ajarnya sesuai dengan prinsip dasar Pancasila

Sekolah yang aman dan tepat untuk buah hati tercinta yaitu menyediakan atau menggunakan buku ajar sesuai dengan dasar negara dan Pancasila. Yang terpenting sekolah tersebut tidak mengajarkan radikalisme, komunisme dan juga liberalisme.

4. Fasilitasnya lengkap

Pastikan sekolah yang Anda pilih memiliki fasilitas penunjang hak anak. Mulai dari sarana olahraga, tempat beribadah, perpusatakan, kantin beserta jajanan yang sehat, lapangan upacara dan lain sebagainya. Pemenuhan hak anak dengan berbagai fasilitas tersebut sangat mendukung untuk mengembangkan potensi anak, baik fisik, mental ataupun moral.

5. Lingkungan sekolah kondusif

Pastikan sekolah yang Anda pilih untuk buah hati tidak terdapat kasus bullying, seks bebas, liberalisme dan ujaran kebencian. Karena hal tersebut akan mengganggu tumbuh kembang anak menjadi tidak optimal. Selain itu, pastikan juga kepala sekolah, guru dan lingkungan sekitarnya dapat menjadi teladan dan memberi contoh baik untuk pembentukan karakter anak dimasa depan.

6. Menerapkan aturan ketat tetapi tidak memberatkan siswa

Anda harus memastikan sekolah tersebut memiliki undang-undang atau aturan dasar sekolah yang ketat tetapi prinsipnya bukan memberatkan, melainkan mengatur, mengarahkan dan membina dengan aturan yang lugas.

7. Lingkungan sekolah bersih

Kebersihan sangat diutamakan, karena kebiasaan bersih akan memberikan didikan pada buah hati Anda agar lebih disiplin dan sehat. Pastikan sekolah yang Anda pilih untuk buah hati memiliki ciri lingkungannya terawat dan selalu menjaga kebersihan setiap hari.

Baca: Orangtua Jangan Terburu-Buru Menyekolahkan Anak

Dengan mengetahui lebih teliti ciri-ciri sekolah yang tepat untuk buah hati, maka besar kemungkinan pendidikan yang diterima Si anak jauh lebih baik. Bahkan mampu mencetak buah hati Anda menjadi sosok yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.
Sumber https://www.sekolahdasar.net/