Penilaian  adalah  proses  pengumpulan  dan  pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.  Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai  teknik  penilaian,  menggunakan  berbagai instrumen,  dan  berasal dari berbagai sumber. Penilaian hasil belajar di satuan pendidikan (sekolah) dapat berupa  penilaian akhir semester (PAS), PenilaianTengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan ujian sekolah (USBN) dan Ujian Nasional (UN).
Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau dapat merepresentasikan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2).  Hasil penilaian akhir tahun (PAT) dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.
Berdasarkan penjelasan di atas, hasil PAT merupakan salah satu bahan yang pengisian rapor atau yang menentukan kenaikan kelas seseorang dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi. Selain PAT, masih terdapat unsur lain yang menentukan kenaikan kelas siswa seperti hasil penilaian harian, hasil penilaian tengah semester, hasil penilaian akhir semester, tingkat kehadiran, perilaku siswa dan unsure lainnya yang ditentukan oleh sekolah masing-masing.
Ingin memperoleh nilai rapor yang baik dan ingin naik kelas, kamu tentunya harus maksimal dalam segala hal termasuk dalam menhadapi Penilaian Akhir tahun (PAT). Untuk membantu para siswa SMA dalam menghadapi pelaksanaan PAT pada posting kali ini admin bagikan Latihan Soal PAT Matematika Peminatan SMA Kelas X (10) Kurikulum 2013. Soal ini hanya contoh yang diambil dari pelaksanaan PAT tahun sebelumnya. Oleh karena itu, soal ini belum tentu sama dengan soal tahun sekarang. Itulah sebabnya Soal ini Admin namakan Soal Latihan.


Sumber https://ainamulyana.blogspot.com/