Maafkan Atas Segala Salahku. Bagi yang akan berpisah, janganlah bersedih. Sama seperti aku, aku juga akan berpisah. Telah banyak masa indah yang kita lalui. Memang sulit untuk melupakannya. Tapi berusahalah dengan segenap tenaga, insyaallah semua itu akan terjadi tanpa terasa.

   Baca juga: detik-detik-kita-berpisah-sekian-lama

Sudah 3 tahun lamanya kita bersama. Jalani kisah yang indah. Bersama sahabat, bersama wali kelas, dan bersama guru-guru lainnya.

Tangisan, memang akan pecah ketika hari dimana kita akan berpisah. Ketika saat itu, ketika tangisan itu akan pecah, gunakan waktumu untuk bisa membuat orang disekitrmu menjadi tertawa bahagia. Jangan lah sekalipu kalian tunjukkan kepada mereka rasa sedih dan haru yang mungkin sudah tidak dapat lagikau bendung.

Kuat, adalah salah satu jalan untuk bisa membuat orang di sekitar kita lebih kuat.

Disaat itulah kita sempatkan waktu untuk bisa menebus semua kesalahan yang pernah kita perbuat kepada sahabat dan guru-guru kita.

Tidak ada seorangpun yang menjalani hidup tanpa dosa. Kadang kita pernah membuat guru menangis karena kesalahan kita. Mungkin pernah kita membuatnya kesal karena kenakalan kita. Kita sering bolos sekolah. Sering kita bantah semua perkataannya.

Begitu pula dengan seorang sahabat. Pernah kita bertengkar dengan hal-hal yang seharusnya tidak kita permasalahkan. Kita sering ngehina satu sama lain. Sering menyebut latar belakang orangtua kawan ketika kita kesal kepadanya. Sering kita kejar-kejaran dalam kelas dengan alasan ingin mencontek.

   Baca juga: Sedih-hatiku-masih-milikmu.

Semua itu adalah suatu hal pasti yang pernah kita lakukan bersama mereka.

Ketika itu sudah terjadi, dan kita akan berpisah maka mintalah maaf atas segala kesalahmu kepada mereka. Mohonlah doa untuk kesuksesan mu di masa depan.

Penulis: miftahul jannah
Editor: Fahmi