Sedikit bercerita. Dulu ketika SMA, tabel periodik pada mata pelajaran Kimia selalu digunakan. Kini, saya sudah tidak lagi menemukan tabel periodik tersebut di bangku kuliah. Rasanya jika tiap hari bertemu dengan rumus-rumus kimia, mataku akan terus berair. Nangis. Makanya saya tidak lagi memilih jurusan kuliah yang berhubungan dengan Kimia.

Bagi saya mungkin tabel ini tidak begitu penting, namun tabel tersebut sangat penting bagi yang bergelut di dunia Kimia. Dan pada tanggal 30 Desember, table ini resmi bertambah 4 elemen. Apa saja dan bagaimana ceritanya? Mari kita simak 🙂

Sekarang baris ke 7 pada Tabel Periodik tambah 4 elemen

Yang mengumumkan verifikasi peresmian ini adalah ofisial dari International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC). Penambahan ini adalah yang pertama setelah penambahan elemen 114 dan 116 pada tahun 2011. Lalu siapa sebenarnya dalang di balik penemuan ini? Timeslib tidak berani menyatakan siapa, namun yang kami dapat dari sumber yang biasa kami ambil, TechWorm, yang mengklaim penemuan unsur 113 adalah Rusia dan Amerika. Kurang lebih, yang ditulis di web tersebut adalah sebagai berikut (bahasa Inggris):

Sekarang baris ke 7 pada Tabel Periodik tambah 4 elemen
Setelah resmi ditambah, maka tabel periodik yang sekarang menjadi seperti berikut:
Sekarang baris ke 7 pada Tabel Periodik tambah 4 elemen
via TechWorm

Terkait hal ini, Ryoji Noyori, mantan presiden Riken dan pemenang Nobel di bidang Kimia berkata:

Untuk para Ilmuwan, hal ini lebih hebat dari pada medali emas Olimpiade

Anda seorang ilmuwan? Atau calon ilmuwan? Tertarik dengan 4 elemen baru ini? Di alam, keempat elemen ini tidak dapat ditemukan. Karena keempat elemen ini hanya dapat diciptakan di lab, dan katanya umur dari elemen-elemen ini tidak lama. Sekali lagi, keempat elemen ini adalah elemen sinetis yang hanya dapat dibuat di laboratorium.

Kenapa lama ya? Dari tahun 2011, baru sekarang elemen ini berhasil ditambahkan? Apa kata si penemu? Simak yuk.

Sekarang baris ke 7 pada Tabel Periodik tambah 4 elemen
Sungguh hebat mereka, yang berusaha selama itu. Untuk kepentingan ilmu yang dicintainya. Kami ucapka “Selamat” untuk mereka yang telah berpartisipasi dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Kami tunggu nama-nama yang akan digunakan di setiap elemen yang baru tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here