Anak-anak yang bukan lahir di era informasi begitu akrab dengan berbagai peralatan teknologi elektronika yang canggih seperti televisi, komputer, laptop, notebook, playstation, android, gadget, smartfhone dan lain-lain. Menurut psikologi anak, Dr.Seto Mulyadi, semua piranti teknologi itu bisa memberi dampak positif dan negatif bagi pertumbuhan seorang anak.
Pada satu sisi, lanjut Seto, peralatan modern itu bisa memberi manfaat seperti relaksasi, membangun imajinasi, kecepatan reaksi, kemandirian, dan kemampuan abstrak. Namun disisi lain anak bisa juga termakan oleh alat-alat canggih tersebut,”tandas ketua Komnas Perlidungan Anak ini.
Menurut Kak Seto, apabila pesawat televisi dihidupkan sesuai dengan waktu yang disepakati, maka ia akan menjadi media informasi, pendidikan dan hiburan yang amat efektif bagi anak. Begitu pula dengan komputer maupun playstation dan alat lainnya.
Lantas banagiama dengan dunai pertelevisian kita saat ini? Bagaimana menurut anda? Masa depan anak-anak kita ada di tangan kita sebagai orang tua!


Sumber https://dewanku02.blogspot.com/